At Starbucks…(harga segelas kopi lebih mahal dari harga seliter minyak!)


hemm…banyak coment dan pertanyaan tentang fotoku yang lagi nangkring di Starbucks. dari coment yang olok-olok sampe coment yang mempertanyakan atau sekedar kagum (hehhe..koq bisa ya?) yang jelas foto ini emang diambil sengaja buat masang tampang doang..

ceritanya begini,..hari itu aku sama temenku Erlan lagi ngurus suatu acara yang diadain di Hotel Jayakarta. abis mobilisasi neh kita pening, ya sambil iseng aja sih aku berdua mampir ke BIP melepas penat. kebetulan sih waktu itu kami berdua haus banget. iseng-iseng aku berbisik

” ke starbucks yu bro?”  

“Ayo..” Erlan sih bilang ayo..

tapi aku berpikir dulu sejenak sebenarnya? karena wuih starbucks men pasti mahal, aku aja dulu diajak di jakarta segelas kopi di starbucks harganya 75.000,- abis tuh makan seminggu..tapi sebelum aku balik, erlan udah nyelonong masuk duluan ke Starbucks..hehe jadi deh kepaksa masuk ke starbucks walo agak sedikit bego emang, maklum nama minumanya aku ngak kenal. tapi Erlan pasang muka lurus aja pesen kopi 2..giliran pening ya aku, kebetulan yang megang duitnya aku. gila 2 gelas kopi harganya 80.000, mahal amat sie kalo dibandingin di warung kopi biasa tapi karena nanggung ya udah deh aku bayarin. lagian sekali2 nyoba begaya kapitalis kayaknya ngak apa-apa deh..

Ya udah abis bayar kita nongkrong di depan tuh, merasakan diri sebagai orang yang lagi banyak2 duitnya hehehe…(sok juga sie) tapi emang aku sadar koq ternyata setting ruang tuh bisa membuat sesorang lupa diri..tak peduli kamu berasal dari mana? identitas lo apa? miskin ato kaya? ruang itu bisa menjebakmu. seperti halnya sedikit yang aku rasakan,..ada sedikit kepuasan Nangkring di Starbucks lihat orang yang lalu lalang di depan kita  mandangin kita dari jauh dengan pandangan yang aneh (aku GR kali ya hahha)..padahal dipikir-pikir aku sama miskinnya sama mereka ato bahkan sebenarnya aku lebih miskin. tapi ruang itu menjebakku, dan menjadi sekat pemisah yang tegas..

Nah aku pikir.. itulah mungkin yang dirasakan oleh orang-orang yang berada di Istana Negara sana, kenyamanan dan kekuasaan itu menjebak  sehingga seringkali membuat kita kehilangan hati,..coba aja tengok pemerintah kita yang naikin harga bbm semaunya 30 % coy…apakah mereka pernah berpikir sebelum naikin harga? gila..  pasti deh mereka ngak..karena mereka adalah sekumpulan penguasa dan pengusaha yang terbiasa hidup empuk, terbiasa dengan kenyamanan, terbiasa dengan fasilitas negara. terbiasa melihat rakyat hidup sengsara..jd emang nurani mereka telah mati

coba bandingkan,..betapa tidak adil dan absurdnya dunia. at starbucks harga segelas kopi mencapai harga 40.000,-, sementara harga minyak diluaran sana satu liter cuma 3.000.-. tapi kemudian dan hari ini aku sadar bahwa orang yang naikin harga BBM tuh..pastilah orang-orang kaya dan penguasa yg biasa nongkrong di kafe2 sejenis starbucks yang sekali minum 40.000,- itu. jelaslah mereka anggap enteng dan dan gak pikir banyak naiknya harga minyak, karena mereka sudah terbiasa beli kopi seharga 40.000,-..jadi buat mereka duit 3000,- seh emang cemen…Buat orang miskin 3000?

jadi emang orang miskin mesti sabar, orang miskin gak boleh protes toh..katanya ini demi kebaikan negara…Haha emang negara punya lo doang????

Revolusi atau Anarki!!!

30 thoughts on “At Starbucks…(harga segelas kopi lebih mahal dari harga seliter minyak!)

  1. pak, setelah saya baca blog nya saya sangat kagum, tapi setelah ngobrol banyak dengan anda melalui Yahoo messenggers ternyata saya tertipu.

  2. nah LoH, aq maLah teRtariK ma coMmentnYah daRipada tuLisannyaH…haHa..

    saatnYa orang misQin bangkit!! (jaDi inget peRingatan haRi kebangkitan nasiOnaL kemaRen.) taPi gMn maO baNgkit n berKutik deNk, kesempataNnya azaH ga dkasiH:-(

    • Bitch please ini komentar boleh bos tp tulisan jangan ALAY !!! pasti ni orang baru ketemu internet ngetik aja masih alay dasar deso -_-

  3. anda mending chat di YM, saia pernah ketemu ma orangnya langsung. anda tertipu itu masih bisa di obati , saia lebih parah ngga bisa makan 3 hari 3 malam. anda mau tau kenapa, di rambutnya suka ada kutu bergelantungan. jadi kalau kamu bertatap langsung pasti garuk-garuk muluuuu ke kepalanya…….

    piss ah

  4. hahha..sunan..sunan, apapun itu up to you boys!,,..saya demokratis Nan, komentar apapun..mau jelek mau bagus pasti dimuat, gpp lah dinamika itu mah.. tapi aslinamah ganteng pan Nan? hahha c u boy!

  5. cuma koruptor aja yg bs nikmatin,, wkt suami gue di jkt tiap hari sih ke starbuck karna dah biasa di amrik..apa bs jaya trs tuh starbuck org amrik aja msh bilang kemahalan..

  6. klo harga BBM naik udah ga usah protes, emang sewajarnya lah BBM naik jarena kenapa? karena harga minyak dunia per barrellnya emang mahal….kebiasaan orang indonesia di buatkan praturan ini itu protes truuus

  7. Harga BBM 3.000/ liter karena BBM masih di subsidi pemerintah, sementara di luar negeri rakyat yang beli BBM ngak pernah di subsidi pemerintah, makanya di luar negeri harga BBM lebih mahal dari harga kopi Starbuck!!

    Orang kita aja yang ngak mandiri, maunya di subsidi terus!! Lama2 juga uang subsidi habis kalo dipake terus!!

    • bener mas. Keanyakan rakyatnya pada manja. Lah buat yg cowo..beli rokok sebungkus aja mampu masa premium dinaikin cuma 2000 aja protesnya minta ampun. *geleng2*

  8. rame,, ane nimbrung ah,, hehehe

    stuju dah tentang ruang jebakan,,
    satu sisi,, gila itu orang sarap diboongin warung kopi …
    harga selangit,,

    satu sisi,, hah kere lu semua ga ada yg mampu kan
    jajan disini,,

    yg kek gini2 mematahkan teori demand and supply,, cieh elah,,,
    masuknya teori apa dong ???

  9. Iya, sekarang pun udah tahun 2012. Tulisan loe ga masih relevan dengan keadaan di bulan dan tahun ini. Masih mantap deh. Kebetulan disuruh dosen nyari tentang pemasaran starbucks. Nyasarnya ke sini.
    Dari starbucks coba nyambung ke minyak,,, he h heh bisa aja. Applause deh buat cerita loe.

  10. Tadinya lagi searching di mbah google tentang starbucks. tapi malah nyasar kesini. ._.

    Setuju banget sama postingan ini! Harga starbucks emang lebih mahal dari seliter minyak. Tapi kalo menurut gue sih wajar-wajar aja. Secara mereka pakai biji kopi berkualitas. Rasanyapun enak.

    Tapi kayaknya lebih enak kalo nongkrong di 7Eleven deh. :D

  11. Itu yang di nama kan bisnis bro,
    Bisnis jaman sekrang itu beda sama Bisnis jaman dulu

    –> Old business = Menjual barang (barang menentukan harga)
    –> Modern business = Menjual dari sebuah VALUE .Dimana barang tersebut di kemas dengan sebuah VALUE sehingga barang tersebut memiliki sebuah nilai tambah di dalam nya (VALUE menentukan harga)

    **Barang sama2 kopi tapi jelas beda bukan kenyamanan anda saat anda berada di warkop dengan di starbuck?**

    ==============CONTOH LAIN biar lebih ngeh==================

    Siapa yang kenal Carrefour ?ya,mereka adalah hyper swalayan yang jual barang dagangan secara ecer maupun grosir.

    Orang2 pun sudah tau kalo belanja disana lebih mahal daripada di toko agen.Tapi kenapa orang2 masih banyak kesana?????????

    ya itu tadi…Carrefour memberikan sebuah VALUE pada setiap produknya..
    VALUE apa?kan sama2 barang?
    coba bedain rasanya belanja di toko agen atau pasar dengan belanja di carrefour?
    apa bedanya?
    di pasar panas,gerah,becek,bau?sedangkan di carrefour adem,bersih,nyaman?

    nah udah tau kan VALUE nya?
    disaat anda memahami sebuah value yang berada didalam nya berari anda sudah memahami konsep Modern Business

    • Value kata anda?? “Value” apa yang anda dapat ketika membeli kopi yang rasanya biasa saja tapi dengan harga yang sangat mahal? itu namanya pembodohan ala Kapitalis mas! Apa anda tahu kalau di negara asalnya; Amerika Serikat, korporasi besar semacam Starbucks itu mematikan dan mengambil alih secara paksa beberapa coffee shop “tradisional” yg sudah ada lebih dahulu daripada mereka? dan mereka juga memperlakukan pekerjanya dengan tidak adil. Sudah banyak aksi penolakan yang dilakukan terhadap Starbucks di Amerika dan Eropa, makanya mereka mengalihkan target market mereka ke pasar asia, terutama asia tenggara (baca: Indonesia) dimana masyarakatnya masih gampang di bodohi untuk membeli gengsi yang kemudian anda sebut “Value” itu.

      • haiizzz….kl orang Amerika dan Eropa itu udah bosan dengan starbucks makanya cari sesuatu yang lebih. Biasalah namanya manusia, kan merk tersebut juga berasal dari sana. kl perlu situ cari info kapan berdiri dan berkembangan starbucks disana. Kala berpindah ke yang lain itu wajarlah. Namun yang di maksud dengan anda memberi value itu selain rasa kopi tentu dan dinyamankan dengan tempat dan service. Jadi ini namanya nilai jual. Kalau hanya mau jual kopi dimana aja bisa di warteg juga bisa dan itu hasilnya anda harus minum dengan debu jalanan dan cuaca panas atau hujan (ac alam) dengan harga yang sgt murah. Kembali lagi ke masing – masing manusia itu sendiri dengan melihat kantong dan keadaan yang dicari.

  12. hmm yoi sih..cuma klo pk credit card bca sering ada promo
    bawa tumbler starbuck discount 50 % tiap tgl 22
    sbnernya ga mahal” bgt…rasa nya kan beda jauh sm kopi di warung..kualitas bahan (susu,dll) ya beda…so ga bs bandingin dong..
    klo starbuck buy 1 get 1 hitung” 1 gelas 20-an ribu..murah lahh

  13. gampang klw mw ngopi murah d starbucks…
    tinggal bw kopi siap sedu dr rmh cm 1000/sachet lbh murah dr minyak 1l kn?
    udh bs ngopi d starbuck toh orang yg liat g tw tu kopi bli d starbucks to bkn…
    hehe…slmt mncba bruw.

  14. Lagi cari web starbuck…. nyasar ke sini, menurut gw lebih enak SEMERBAK COFFEE alias starbucknya indonesia… ASLI

  15. cr postingan strabuck malah nyasar ke sini, hahaha . ntar gw bikinin kedai kopi yg lebih mewah dan trkenal mpe luar, ntar di amrik gw jual $10. kl gw dh makmur ntar gw jd presiden, minyak tanha,bensin,minyak goreng,minyak wangi minyal kuyang gw gratisin lu smua

  16. numpang share juga gan, kita sama nih gan.. kejebak.. ane sampe kaget.. wuihh.. harga kopi segelas aja segitu… herannya temen ane doyan banget ngajak kesitu meski gak punya uang..

Tinggalkan Balasan

