Let it flow…


Sakitnya melahirkan tulisan,…itulah yang saya rasakan akhir-akhir ini. sudah sebulan lebih saya tidak posting atapun menulis sebuah tulisan disini dan rasanya saya merasakan kepala saya pening ( i got headache..hehehe) entahlah saya merasakan kemandegan akhir-akhir ini. seolah proses kreatif menulis saya seketika hilang ketika dihadapkan pada layar komputer…banyak draft tulisan sebenarnya yang telah saya tulis dan susun tetapi ketika saya baca ulang, kemudian saya merasa kurang cocok dengan tulisan saya, akhirnya saya urung untuk mempostingnya disini…

Kemarin saya iseng mengunjungi milist yang udah lama tidak saya kunjungi, meskipun saya salah seorang yang membuat milist tersebut..tapi saya sudah tidak terdaftar jadi anggotanya lagi (heheu password emailnya saya lupa lagi sih). ..saya buka tulisan-tulisan awal di milist tersebut. dan ternyata saya banyak menjumpai tulisan saya sendiri..saya baca-baca sebentar tulisan-tulisan saya sendiri itu,..saya serasa terlempar ke masa awal 2000-an. awal-awal masa kuliah saya yang penuh dengan idealisme dan ambisi, kejernihan ide,  maupun kegenitan intelektual saya,..saya sedikit bangga, sekaligus tertawa sendiri bila kembali mengingat masa-masa itu..masa saya bangga menjadi seorang aktivis, masa idealisme penuh berkobar…hal ini saya jumpai dalam sejumlah tulisan-tulisan yang tidak terdokumentasi oleh saya namun ada di milist ini. tulisan-tulisan dan ide yang jernih saya pikir, walaupun memang maseh nampak tulisan-tulisan saya semasa semester 1..

saya kemudian teringat dulu saya memang selalu kreatif menghasilkan sebuah ide ataupun pemikiran lalu menuangkannya ke dalam tulisan untuk dijadikan sebagai bahan diskusi, hal yang tidak saya lakukan akhir-akhir ini tentunya. senang sekali sebenarnya menjumpai dokumentasi tulisan itu, setidaknya saya bisa meraba sejauh mana pengembaraan intelektual saya sampai saat ini. saya menemukan kelebihan dan kekurangan dari tulisan-tulisan saya yang terdahulu, pun tulisan-tulisan saya hari ini. kekuatan utama tulisan saya di masa wal 2000-an adalah semangat dan idealisme yang masih jernih, dan optimisme awal mahasiswa ilmu politik, kekurangannya terletak pada bobot maupun kedalaman isi..sehingga saya maseh bisa menangkap tulisan tulisan itu maseh berada dalam latar permukaan saja dan terkadang masih utopis. sudahkan saya berubah sejauh ini?..saya menemukannya lewat sejumlah tulisan.

Perubahan adalah sebuah dinamika yang mesti terjadi, dan itulah yang saya alami, menelusuri jejak-jejak  langkah kebelakang yang telah saya lakukan saya semakin sadar saya banyak berubah..bukan hanya perubahan soal fisik saja tentunya tetapi juga soal pemikiran dan cara pandang dalam melihat sesuatu, meskipun saya pada prinsipnya sadar : saya adalah orang yang konsisten dengan ketidak konsistenan…(heheu..berat bahasanya bro). entahlah secara disadari atau tidak saya memang telah berubah, menuju kedewasaan? mungkin saja. bagi saya masa-masa idealisme itu menjadi cermin maupun pijakan bagi saya untuk kembali melangkah menemukan hakikat sejatinya perjalanan hidup saya..dan saya akan membiarkan tetap mengalir sendiri akhirnya, mengalir seperti air yang menuju muaranya …

let it flow…

saya percaya hidup adalah sebuah pilihan, dan pilihan-pilihan itulah yang menentukan siapa dan dimana posisi kita akhirnya?..dan saya akan biarkan pilihan itu mengalir begitu saja.. kemudian saya memilihnya, walaupun terkadang saya harus akui, jalan yang saya ambil tidak sepenuhnya membuat saya puas. saya kecewa? ya..sebagai manusia yang tidak luput dari khilap saya pernah kecewa, tapi itulah konsekwensi dari pilihan hidup saya. memilih dan menjadi..

Untuk saya saat ini, saya masih terbuka dengan kemungkinan, membiarkan segala pilihan untuk tetap mengalir apa adanya. saya akan memilih dan itu pasti… perubahan hanyalah soal waktu dan saya yakin itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s