Kemilau jingga di merahnya senja…


hmm..begitu sulit untuk menulis, lama juga tak posting di blog . ada semacam kekangenan untuk menulis kembali. namun saya merasa tidak punya apapun untuk dituliskan. header tulisan ini mungkin terlihat sedikit gagah ato barangkali terlihat sedikit puitis. entahlah saya hanya menulis header sesuai keinginan saja, entah itu relevan dengan isi tulisan? saya tidak tahu…toh ini hanya sebuah header bukan sebuah hal yang mesti diperdebatkan…saya hanya ingin menulis dan saya yakini setiap penulis memiliki kebebasan untuk menuangkan kreasi yang ditulisnya sesuai dengan keinginan, lepas dari relevan atau tidaknya isi header dengan tulisan tersebut.

Saya jadi teringat  dulu dengan sebuah buku yang menurut saya sangat unik dan kreatif. judul buku itu adalah Vagina Kosong. hmm..saya tertarik dengan buku itu bukan karena persoalan judulnya yang berjudul Vagina (maaf), tetapi ketertarikan saya ini dilandasi oleh ketertarikan saya pada sebuah  buku puisi yang pada waktu itu ramai dibaca dan diperbincangkan oleh kaum feminis. Vagina Monologue, setidaknya itu adalah sebuah ekpresi feminis mengenai identitas dan jatidiri perempuan yang diperlambangkan dengan organ genital yaitu vagina.  hmm..kembali ke buku vagina kosong yang saya peroleh..dari teman saya dulu yang seorang aktivis PMII, saya justru kagum dengan apa yang ada dibuku itu,.. buku itu ternyata benar- benar kosong..tidak ada tulisan apapun kecuali sebuah header ;

buku ini kosong, silahkan anda tulis sendiri isi buku ini…

hahaha..saya ngakak ketika baca tulisan itu, saya buka semua keseluruhan halaman dibuku itu..ternyata benar-benar kosong saudara saudara..tapi it’s amazing menurut saya, kreatif…memang sejatinya menurut saya pribadi untuk menyampaikan sebuah pesan atau sebuah hal yang ingin kita sampaikan ngak perlu juga nulis sebuah hal yang macam-macam, atau tidak perlu juga kita pikirkan relevan enggaknya tulisan itu…toh pada akhirnya karya itu sebagai sebuah hal yang fenomenologis akan berbicara sendiri…, bukankah kekosongan adalah sebuah hal yang eksis??  dan silahkan menafsirkan kekosongan dengan pikiran anda masing-masing. seperti halnya tulisan ini “Kemilau jingga di merahnya senja..” silahkan definisikan atau pikirkan oleh anda arti ” kemilau jingga di merahnya senja..”.

akan ada berbagai macam deskripsi dan definisi yang anda berikan terhadapnya..dan saya merasa itu sah-sah saja. masing-masing individu berhak menilai, mengapresiasi bahkan menghakimi sebuah teks..karena teks itu meski mati…ia akan senantiasa ada pada aras konteks yang dijalaninya. saya jadi inget kata Nietszche..” Tak ada fakta,..yang ada hanyalah tafsir!!”.  jadi silahkan anda menafsrkan tidak ada larangan toh ini bukan sebuah teks kitab suci. meskipun saya sebagai pribadi meyakini, bahkan sebuah teks kitab suci itu sendiri adalah sebuah hal yang bersifat multi tafsir..dimana orang dengan berbagai kapasitasnya bisa menafsirkan sendiri teks itu..toh pintu bagi menafsir dan berijtihad itu tidak pernah tertutup. karena sejatinya kebenaran akan selalu ada dalam tiap masa.

Saya lantas jadi teringat pada film Laskar Pelangi yang minggu kemaren saya tonton dengan seorang teman, mhh..nice movie saya pikir, saya tau bahwa membuat film dari sebuah novel akan sangat sulit..masalahnya ada pada bentuk tafsir itu tadi,..sulit sebenarnya untuk mendeskripsikan sebuah teks ke dalam bentuk gambar apalagi dibatasi oleh durasi waktu..tapi bagaimanapun saya mengapresiasi karya itu. sebagai tafsir terhadap sebuah teks, saya pikir film itu berhasil menghadirkan pesan yang ingin disampaikan oleh novelnya…

tafsir terhadap sebuah teks, karya, atau pemikiran  tak ubahnya sebuah kemilau di merahnya senja..(haha…nyambung ngak?)..sebuah keberanian dalam menafsir adalah sebuah kemilau,..sebuah hal yang patut diapresiasi oleh siapapun..pada akhirnya teks itu akan berbicara dengan sendirinya seperti halnya  sebuah Kemilau di merahnya senja…

Tinggalkan Balasan

